Senin, 25 Desember 2023

KESEPAKATAN KELAS AWALKBM

Oleh : Asih Dewayanti
Catatan kegiatan hari Selasa 10 Januari 2023
  • Refleksi Hidup

           Hari pertama mengajar saya awali dengan penyesuaian diri terlebih dahulu. Saya mengajak peserta didik berbincang-bincang saja sambil menggali cerita-cerita mereka selama liburan semester lalu. Saya minta mereka menyampaikannya secara lisan baik secara perseorangan atau pun maju berkelompok. Yang pasti saya membuat format yang harus mereka tulis dan saya beri nama Refleksi Kehidupan.
            Refleksi kehidupan yang saya maksud di sini bertujuan agar mereka melakukan introspeksi diri atas masa lalunya kemudian mencatat hal-hal positif yang seharus dipertahankan dan ditingkatkan serta hal-hal negatif yang harus ditinggalkan. Harapan saya, kegiatan ini berdampak baik bagi meningkatnya motivasi belajar mereka di sekolah untuk semester berikutnya.

  • Kesepakatan Kelas
            Kesepakatan kelas ini merupakan kesepakatan bersama dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi yang saya ampu. Jika dalam perkuliahan mungkin istilahnya kontrak belajar atau kontrak kuliah. Beberapak hal kami sepakati di antaranya terkait aturan main saat masuk kelas, izin keluar kelas, jika ada pelanggaran, tidak mengerjakan tugas atau bahkan reward jika ada yang layak diberikan penghargaan.

Berikut beberapa dokumentasinya.








Hari Selasa 10 Januari 2023 ini saya mengajar di kelas XI IPS 2  DAN XI IPS 4




Tidak ada komentar:

Posting Komentar