Sabtu, 10 Juli 2010

Ekskul-ekskul di SMAN 1 Lemahabang


Program ekstra kurikuler (ekskul)wajib ada di setiap sekolah. Ini penting banget buat nampung n ngembangin potensi-potensi yang dimiliki siswa. Apalagi sekolah umum macam SMA Negeri 1 Lemahabang. Tidak semua siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kuliah di perguruan tinggi. Itu sebabnya mereka mesti dibekali dengan ketrampilan tertentu sesuai dengan minatnya.Jadi, dengan bekal itu diharapkan siswa yang tidak melanjutkan ke dunia perkuliahan bisa tetap eksis dengan potensi yang dimilikinya.

JENIS-JENIS EKSKULNYA :
Ekstra kurikuler yang dikembangkan di sekolah ini ada beberapa jenis :
1. PASKIBRA (Pasukan Kibar Bendera)
2. REPA (Remaja Pencinta Alam)
3. PMR (Palang Merah Remaja)
4. KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
5. Olahraga
6. Kesenian
7. Pramuka
8. Al Hikmah (DKM/Rohis=kerohanian Islam)

Setiap jenis ekskul dibina oleh seorang guru yang telah ditunjuk oleh sekolah .
Pa Toto (Paskibra), Pa Juharta (REPA), Pa Budianto (PMR), Pa Yogi (KIR), Ibu Herda (Olahraga), Ibu Asih dan Pa Yoyo(Kesenian), Pa Yayat dan Bu Neni (Pramuka), Pa Asikin (Al Hikmah).
Mereka mempunyai jadwal kegiatan masing-masing. Biasanya, di awal tahun pelajaran setiap ekskul "mengiklankan diri" kepada rekan-rekan barunya yaitu siswa kelas X baru melalui kegiatan DEMO EKDKUL . Pelasanaannya pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa).Tahun pelajaran 2010/2011 ini mereka jadwalkan tangal 15 Juli untuk demo di kelas-kelas /gugus, dan tanggal 16 Juli 2010 demo lapangan.Bagaimana pelaksanaan demo ekskul ini ?Pasti seru....maklum sedang promosi , mencari anggota baru. Ceritanya ? Tunggu saja, pasti diliput !

Jurnalistik ?
Meskipun jurnalistik belum masuk sebagai ekskul, tapi kegiatan ini sudah menunjukkan keseriusannya dengan terbitnya 3 edisi bulletin LIGHT. Selain itu, pogram majalah dinding (mading) SMASALA juga masih terus berlanjut. Harapannya semoga saja Jurnalistik yang selama ini dikelola anak-anak KIR bisa jadi ekskul tersendiri ! Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar