Selasa, 13 Juli 2010

LaRasantang, ekskul Kesenian di SMAN 1 LA


Aslinya Larasantang, tapi saya lebih suka menulisnya LaRasantang.
Larasantang kan nama tokoh dalam kisah klasik Cirebon. Nah biar rada nyambung dengan nama sekolah, La-nya dipisahin aja untuk menunjukkan identitas Lemahabang. Orang Jawa bilang, diotak-atik gatuk. Diutak-atik, cocok. Ya, biar nyambung juga dengan cabang seni lain yang baru muncul di tahun 2008/2009 yaitu La Voice dan La Sweet Dance.

Larasantang adalah kelompok kesenian SMA Negeri 1 Lemahabang yang berupa seni tradisional degung dan calung. Sejak awalnya hingga saat ini seni degung, calung dan tari tradisional Jawa Barat ini dimotori alias dibina oleh Pak Yoyo Sukaryo. Kelompok kesenian ini berkembang dengan adanya peralatan band. Maka bermunculanlah band-band anak-anak dari SMA ini.

Tahun pelajaran 2009/2010 seolah menjadi pintu pembuka bagi berkembangnya bidang kesenian di sekolah ini, dengan ditandai berbagai tampilan kesenian di setiap event sekolah. Mulai dari lolosnya Intan Pertiwi sebagai juara 3 lomba nyanyi solo lagu2 perjuangan di kabupaten, digelarnya acara "Ngampar" semacam ngabuburit menjelang buka puasa, peringatan hari guru, Pensi Polaritas HUT ke 47 SMA Negeri 1 LA, perpisahan kelas 12 hingga Porak akhir semester.......... Semuanya tak lepas dari tampilan ekskul kesenian LaRasantang.

Ekskul kesenian ini pada akhirnya harus terbagi 2 konsentrasi yaitu tradisional dan modern. Pa Yoyok membimbing bidang seni tradisional (degung, calung, tari), sedang Ibu Asih membimbing seni modernya ( teater LaRasantang, La Sweet Dance/MD, La Voice/olah vocal, band, dan seni rupa). Wah....wah.... Nah, semoga di masa-masa mendatang ekskul kesenian LaRasantang (dan semua yang ada di dalamnya), makin berkibar !

(Selasa 13 Juli 2010, MOS)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum , Lara santang itu eskul teater atau degungan ? salm kenal saya dari eskul Teater Tumaritis Sma negeri 4 bogor

    BalasHapus